Masjid Terbesar Eropa ada di Rusia

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa di Rusia, Islam ialah agama dengan jumlah penganut terbesar kedua sesudah Kristen Ortodoks. Dari sempurna 144 juta jiwa penduduk Rusia, sekitar 30 juta orang atau 20 persen penduduk yaitu beragama Islam. Mereka tersebar di Tartastan, Chechnya, Bashkortostan, Dagestan, Ingushetia, Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia.

Angka tersebut tentu cukup signifikan bagi sebuah negara dengan latar belakang komunis. Selama rezim komunis berkuasa, dan ketika Rusia masih menjadi bagian dari Uni Soviet, kegiatan keagamaan mengalami tekanan dan batasan. Tapi sesudah selesainya era Uni Soviet, kebebasan beragama kembali dipulihkan, termasuk Islam.
Presiden Vladimir Putin merupakan salah satu tokoh yang memberikan perhatian pada kebebasan beragama masyarakatnya. Pada masa kekuasan Presiden Putin, sekitar 7.500 mesjid sudah didirikan oleh kelompok sosial Muslim Rusia. Sedangkan terdapat data yang bervariasi dari berbagai sumber, namun diperkirakan terdapat sekitar 8000 mesjid di Rusia saat ini. Baca juga seputar harga kubah masjid.

Berbeda dengan sebagian negara Eropa lainnya yang kebanyakan pemeluk Islamnya merupakan imigran dari Turki, Afrika, dan Arab, umat Islam di Rusia ialah penduduk absah dan penduduk asal negara pecahan Uni Soviet. Mereka antara lain terdiri dari etnis Tartar, Bashkir, dan juga dari etnis Rusia.

Di Moskow sendiri terdapat sekitar satu juta pemeluk Islam, dan terdapat sedikitnya empat buah mesjid besar di Moskow. Salah satu mesjid megah di ibu kota Rusia yaitu Masjid Agung Moskow atau Moskovsiy Soborniy Mecet yang sanggup menampung sekitar 10 ribu jamaah, menghasilkan masjid ini sebagai masjid terbesar di Eropa.
Mesjid Agung Moskow memiliki sejarah panjang dan makna penting bagi muslim Rusia. Mesjid hal yang demikian semula bernama Mesjid Katedral yang sudah berusia 111 tahun, tepatnya dibangun pada tahun 1904 silam. Dalam rangka untuk menampung jamaah yang lebih banyak karenanya sejak tahun 2005 masjid tersebut direnovasi dan diperluas.

Pembangunan Masjid Agung rampung pada tahun 2015 dan diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada tanggal 23 September 2015. Dalam peresmian tersebut Putin menyuarakan bahwa Islam adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan spiritual Rusia. Hadir pula saat pengesahan itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.